Berita PopularBidang Peternakan & Kesehatan HewanDokumen NakeswanPublikasi

PMK Bisa Disembuhkan dan Daging Ternak PMK Aman Dikonsumsi

Terkait mulai maraknya Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak, khususnya sapi di beberapa daerah belakangan ini, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang mengimbau masyarakat dan peternak untuk tidak panik.

“Masyarakat dan peternak tidak usah panik. PMK ini bukan penyakit zoonosis atau tidak menular ke manusia. Bahkan, PMK bisa disembuhkan dengan ketelatenan petugas paramedis kesehatan ternak dan peternak dalam mengobati ternaknya,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Wahadi SE MSi didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Akhmad Helmi SPt ME, Jumat (13/5).

Wahadi mengatakan, peternak tidak perlu panic selling dengan buru-buru menjual ternaknya yang terindikasi suspect PMK. Sebab, hal ini justru akan merugikan peternak itu sendiri dan menyebabkan jatuhnya harga jual ternak.

“Jika ada indikasi PMK, lebih baik segera menghubungi dokter hewan atau petugas kami di Dinas Pertanian untuk mendapatkan pelayanan pencegahan dan pengobatan secara gratis,” tandasnya.

Wahadi menjelaskan, daging ternak yang terindikasi PMK juga masih layak, aman dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat jika dimasak dengan benar pada suhu diatas 700C selama 30 menit dan tidak dicuci sebelum diolah (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *