Berita PopularBidang Ketahanan PanganDokumen Ketahanan PanganPublikasi

Warga Antusias Ikuti GPM

Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan program dari Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dalam upaya menstabilkan harga pangan serta pencegahan Inflasi Daerah. Dalam Kegiatan GPM ini Dinas Pertanian bekerjasama dengan OPD lain serta beberapa produsen pangan yang ada di pemalang yang di Gelar di Desa Pedurungan Kecamatan Taman, dengan Tema Pasar Murah Desa. Rabu (27/3).

GPM merupakan kegiatan inti yang di selenggarakan serentak oleh Badan Pangan Nasional (BAPANAS) yang di ikuti oleh seluruh kabupaten yang memiliki Dinas maupun Bidang urusan Pangan di wilayahnya masing-masing. gerakan ini  juga merupakan salahsatu upaya dari pemerintah Kabupaten Pemalang untuk mengatasi kenaikan harga khususnya harga pangan. Dalam gerakan ini Bidang Ketahanan Pangan menggandeng mitra untuk bekerjasama seperti dari Bulog, Perusahaan Pangan di Pemalang, dan beberapa UMKM binaan.

Seperti yang kita ketahui harga Beras pada saat ini dipasaran sudah mencapai Rp.16.000,- perkilo. hal itu merupakan kenaikan harga yang sangat tinggi dalam kurun waktu 5 tahun ini. Sehingga dalam kegiatan ini selain dalam momen Ramadhan yang pasti harga membumbung tinggi, juga Dinas Pertanian urusan pangan mencoba melakukan upaya dalam menstabilkan harga. Alhasil dalam Pasar Murah Desa ini Produk utama sembako seperti beras, minyak, dan gula pasir ramai di serbu pembeli.

Kegiatan GPM ini terdapat beberapa komoditas pangan yang dijual dengan harga yang lebih murah daripada di pasar, seperti; Beras dengan ukuran 5Kg dijual dengan harga Rp.54.000,- kemudian Gula Pasir per-kilo dijual dengan harga Rp.15.000,- dan juga minyak goreng per-kilo dijual dengan harga Rp.16.000,-. selain pangan paling pokok tersebut ada pula makanan olahan daging dari Perusahaan Pangan di Pemalang, dan beberapa UMKM binaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *