Berita PopularBidang Tanaman PanganPenyuluhanPublikasi

Studi Lapangan Dispertan di Desa Kopeng, Semarang

Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang melaksanakan Studi lapangan ke P4S Citra Muda Desa Kopeng, Kabupaten Semarang. dalam acara tersebut sebagai narasumber langsung di pimpin oleh petani melenial Mas Shofyan Adi. S.P beserta dengan Mahasiswa Polbangtan Yoma. dalam penyampaian materinya Mas Shofyan mengatakan bahwa kunci meningkatkan produksi pertanian Organik adalah pemeliharaan kesuburan tanah, serta pemerhatian faktor-faktor organisme dalam tanah. Kesuburan tanah dapat dipertahankan secara berkelanjutan dengan menggunakan pupuk organik.

Pertanian Organik berfokus memanfaatkan sepenuhnya pupuk organik, pupuk hayati, serta organisme tanah selain itu perlu adanya filtrasi  dari lingkungan yang membatasi dari cemaran kimia pertanian. Melalui program Studi Lapangan (SL) Bersama P4S Citra Muda yang dilaksanakan Dinas Pertanian bersama kelompok tani Desa Gendowang Kecamatan Moga, dengan peserta sebanyak 20 orang, masyarakat diajarkan pembuatan pupuk organik cair, pupuk organik padat, pembuatan pupuk kascing (pupuk kompos cacing tanah) dan pengendalian hama penyakit pada tanaman menggunakan pestisida nabati.

Transfer ilmu kepada petani diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi pertanian yang berdampak pada kesejahteraan petani tentunya dengan metode pertanian organik. pertanian organik ini juga diharapkan dapat di kembangkan di kabupaten pemalang agar hasil dan mutu pertanian di kab upaten pemalang meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *