Berita PopularBidang Ketahanan PanganDokumen Ketahanan Pangan

Pertemuan dan Koordinasi Kegiatan P2L

Rabu (16/6/2021), dengan protokol kesehatan Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kab. Pemalang melakukan pertemuan dan koordinasi P2L (Pekarangan Pangan Lestari) yang diikuti oleh 7 Kelompok Wanita Tani (KWT). kegiatan tersebut membahas mengenai sosialisasi tatacara pengelolaan hasil tanaman pekarangan, Alokasi khusus nonfisik, serta penyaluran dana P2L tahun 2021.

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) itu sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan  lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan, serta pendapatan. Kegiatan P2L dilaksanakan  dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan rawan pangan prioritas intervensi stunting dan/atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan dan pemantapan daerah tahan pangan.

Adapun tujuan kegiatan P2L adalah untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, serta meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar. di Kabupaten Pemalang sendiri terdapat beberapa kelompok tani yang melaksanakan kegiatan P2L ini diantaranya Kelompok Sritani Desa Klegen Comal, kelompok Simadu Jaya Desa Banyumudal Moga, kelompok Lestari Jaya Desa Jrakah Taman. dan hasil dari kegiatan P2L ini dimanfaatkan untu keperluan anggota kelompok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *