Berita PopularPublikasi

Dispertan Peringkat 3 SAKIP 2021

Tak ada proses yang mengkhianati hasil. Itulah kira-kira gambaran tepat Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang terhadap hasil penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021, yang pada tahun ini berhasil meraih predikat terbaik ke-3 se-Kabupaten Pemalang.

Predikat terbaik ketiga ini diumumkan oleh Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang pada Jumat (24/6) pekan lalu di acara Sosialisasi Hasil Evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi Kabupaten Pemalang Tahun 2021 di Swiss Bellin Saripetojo, Solo. Penghargaan diberikan oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, S.T, M.Si dan diterima oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Ir. Joni yang mewakili Kepala Dinas Pertanian. Sedangkan untuk predikat pertama diperoleh Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) dan predikat kedua oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Pemalang.

Penilaian SAKIP ini berawal di tahun 2017 dengan kondisi nilai Dispertan saat itu hanya 28,69 kategori D. Tahun 2018 mendapat nilai 37,90 kategori C. Beranjak membaik mulai tahun 2019 dengan nilai 51,71 kategori CC, tahun 2020 nilai 56,76 masih di kategori CC dan tahun 2021 menjadi 61,68 kategori B. Kenaikan nilai ini, terutama karena ada perbaikan di sistem perencanaan dan pengukuran kinerja.

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengatakan, untuk nilai SAKIP Kabupaten Pemalang ada pada angka 62,91 dengan kategori B. Bupati juga menegaskan, OPD harus terus meningkatkan prestasi SAKIP dan RB nya dengan berkomitmen melakukan inovasi pada sektor publik dan menerapkan anggaran berbasis kinerja.

“Plan you’re work and work you’re plan,” kata Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *