Berita PopularBidang PerkebunanDokumen Perkebunan

SILATURAHMI DAN AUDIENSI PENGEMBANGAN AREAL TEBU DI KABUPATEN PEMALANG BERSAMA MANAGEMENT PTPN IX SURAKARTA

PEMALANG – PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) sebagai anak perusahaan PTPN III (Persero) Holding Perkebunan (Kementerian BUMN) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang akan melaksanakan program kerjasama dalam pengembangan areal tebu di Kabupaten Pemalang untuk mendukung program Pemerintah yaitu  Swasembada Gula konsumsi tahun 2024.

Bupati Pemalang – Mukti Agung Wibowo menyambut baik program pengembangan areal tebu di Kabupaten Pemalang dengan harapan memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi para petani tebu khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang.

Potensi luasan lahan untuk pengembangan areal tebu di Kabupaten Pemalang yang berada di lahan bengkok / lahan kas desa seluas 989,535 Ha dengan rincian 1) Kecamatan Ampelgading seluas 110,588 Ha, 2) Kecamatan Bantarbolang seluas 230,080 Ha, 3) Kecamatan Bodeh seluas 167,450 Ha, 4) Kecamatan Pemalang seluas 370,917 Ha, 4) Kecamatan Taman seluas 72,500 Ha.

Rencana kerjasama lahan bengkok Desa/Lahan Kas Desa/lahan milik petani/petani tebu dengan PTPN IX dalam bentuk sewa lahan atau bagi hasil pengolahan tebu (titip giling) sebesar 34 % (Hak Pabrik Gula) dan 66 % untuk petani.

Selanjutnya akan dilakukan pertemuan lebih lanjut bersama pihak-pihak terkait (terutama Dinas Pertanian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa) untuk merealisasikan kerjasama pengembangan areal tebu di Kabupaten Pemalang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *