Berita PopularBidang Tanaman PanganDokumen Tanaman PanganPublikasi

Keikut sertaan Dispertan dalam Gerakan Penanaman Sorgum Nasional

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Imam Mukarto, SP ,mengikuti kegiatan Gerakan Penanaman Sorgum Nasional tahun 2022, yang di selenggarakan oleh TNI AL Jum’at (9/9/22). Bertempat di Desa Pegongsoran Kec.Pemalang dimana masuk wilayah Lanal Tegal. Acara ini juga dilaksanakan secara serentak Nasional melalui virtual dipimpin oleh Wakil Menteri Pertanian dan Wakil Komandan Staf Angkatan Laut.

Pemilihan tanaman Sorgum untuk ditanam secara nasional adalah karena tanaman Sorgum ini serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan utama Alternatif dari pada Nasi, serta dapat diolah sebagai pakan ternak, dan bahan baku industri (alkohol, biofuel). Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Biji sorgum kaya akan nutrisi. Sorgum juga kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan. Bahkan, kandungan protein, vitamin, dan mineralnya lebih tinggi daripada beras. Secara keseluruhan, nutrisi sorgum mirip dengan nutrisi havermut yang banyak ditemukan pada oatmeal.

Budidaya sorgum juga diharap mampu mendukung ketahanan pangan Indonesia. Sehingga makanan lokal mampu menjawab ketika terjadi gangguan internasional, cuaca hingga sosial dan politik. dan juga Sorgum ini diharapkan bukan pengganti tapi alternatif makanan untuk masyarakat Utamanya bagi TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *