Berita PopularBidang Tanaman PanganDokumen Tanaman PanganPublikasi

Panen Raya Padi dalam Rangka Memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2021

Senin 25 Oktober  2021 Kementerian Pertanian mengadakan acara Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia ke- 41. Acara ini diselenggarakan serentak secara virtual di berbagai provinsi dan kabupaten di Indonesia dengan melakukan proses panen serentak. Acara Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Nasional ini dipusatkan di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Turut hadir secara langsung Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Wakil Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, Kepala Perwakilan IFAD untuk Indonesia, Ivan Cossio Cortez, Assistant Kepala Perwakilan FAO di Indonesia, Ageng Heriyanto, Anggota Komisi IV, Ono Surono.

“Kita Bersyukur hari ini  kita peringati hari pangan sedunia, sebagai Negara ke empat terbesar di dunia dengan 270 juta penduduk, tidak pernah mendengar ada orang yang nilai ekspornya mencapai Rp. 309,58 triliun.” ucap Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo”

“Kementerian Pertainian terus memacu produksi pangan guna memastikan stok terjamin dalam kondisi aman. Terbukti, BPS melaporkan potensi produksi padi 2021 mencapai 55,27 ton Gabah Kering Giling (GKG) mengalami kenaikan 1,14 persen dibandingkan 2020.

Dinas Pertanian Pemalang mengikuti acara tersebut secara virtual di lokasi panen yang berada di Desa Sumurkidang Kecamatan Bantarbolang. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pemalang, Muntohir, S.Pi, MM, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Prayitno, S.Hut, MM, Kepala Seksi Produksi, Slamet Edy Riyanto, S.E, MM, Koordinator BPP Bantarbolang, Rokhani dan para penyuluh di kecamatan Bantarbolang juga para ketua dan anggota kelompok tani di Desa Sumurkidang. Luasan panen di area ini seluas 320 ha yang terdiri dari dua desa yaitu Desa Sumurkidang dan Desa Pegiringan, sementara untuk Kabupaten Pemalang sendiri memiliki potensi luas panen padi 5094 di bulan Oktober. Dalam kegiatan ini Kepala Dinas melakukan panen bersama petani  dengan menggunakan combine.

Kadis Pertanian beserta kabid TPH dan Kasi serta petani melaksanakan panen bersama pak menteri secara virtual di Desa Sumurkidang Kec.Bantarbolang

Dalam Kesempatan tersebut, Mentan SYL menyampaikan rasa terima kasihnya untu semua pihak yang berpartisipasi dan sudah memberikan kontribusi dalam memajukan sector pertanian utamanya seluruh petani di Indonesia yang tana kenal lelah selalu bekerja di sawah dan memastikan pangan untuk 273 juta penduduk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *