Berita PopularBidang Ketahanan PanganDokumen Ketahanan Pangan

Pasar Murah 2022 di Desa Karangasem

Pemalang19 April 2022. Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang beserta OPD di Pemerintahan Kabupaten Pemalang menggelar PASAR MURAH Tahun 2022. Kegiatan ini diselenggarakan utamanya oleh Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kab.Pemalang (DISKOPERINDAG) yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan TP PKK. Lokasi Pasar Murah pada kali ini, diselenggarakan di Balaidesa Karangasem Kecamatan Petarukan. Pasar Murah ini sendiri bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu guna memenuhi bahan pangan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging, sayur mayur dan lainnya yang mulai melonjak naik sehubungan dengan memasuki bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini disebabkan antara lain karena tingginya permintaan dari masyarakat dan efek psikologis dari para pedagang yang menaikkan harga menjelang hari raya Idul Fitri. Kenaikan harga tersebut tentu saja sangat memberatkan bagi masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pemalang secara rutin setiap tahun menyelenggarakan program Pasar Murah, yang merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh barang kebutuhan pokok men-jelang hari raya Idul Fitri, sekaligus sebagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga serta mempersempit kemungkinan adanya penimbunan barang kebutuhan pokok.

Barang-barang yang dijual di Pasar Murah sebagai berikut :

  • Diskoperindag Kabupaten Pemalang : Beras, Gula dan Minyak Goreng
  • Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang : Roti dan Sirup
  • Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang : Beras dan Telur
  • Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang : Olahan Ikan, Teri, Peyek dan Ikan Asin.

Masing-masing barang Kepokmas diatas sudah mendapatkan subsidi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang sehingga masyarakat dapat membelinya dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar. Karena saat ini masih dalam masa pandemi, para Pembeli Pasar Murah diatur dalam jam yang berbeda agar tidak berkerumun dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, dan terlebih dahulu telah di vaksin, baik Vaksin Kedua maupun Ketiga atau Booster.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *